Berbagai Penyebab Serangan Jantung yang Penting Diketahui

Kesehatan77 views

Serangan jantung atau bisa disebut dengan infark miokardial, adalah salah satu jenis penyakit jantung yang terjadi saat darah tidak mengalir menuju jantung. Hal ini mengakibatkan otot pada bagian jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Serangan jantung umum terjadi pada usia dewasa atau lanjut usia (lansia), tapi penyebab serangan jantung juga bisa terjadi di usia muda. Apa sebenarnya penyebab serangan jantung dan apa saja faktor-faktor risikonya? Simak penjelasan berikut ini.

Kenali penyebab utama serangan jantung

Beberapa kondisi di bawah ini adalah proses rekam jantung yang harus kamu ketahui:

1. Penyakit jantung koroner

Bisa dibilang penyakit jantung koroner adalah penyebab utama dari serangan jantung. Melansir Mayo Clinic, serangan jantung bisa terjadi saat terjadi penyumbatan pada arteri koroner, yaitu salah satu pembuluh darah utama yang mengelilingi jantung. Bagaimana penyumbatan bisa terjadi?

Awalnya, arteri koroner menjadi semakin sempit karena adanya tumpukan berbagai substansi atau zat, salah satunya kolesterol. Tumpukan kolesterol ini disebut dengan plak. Menyempitnya pembuluh darah ini membuat darah semakin sulit untuk mengalir menuju jantung melalui pembuluh arteri.

Lama-kelamaan, plak yang menumpuk di dalam pembuluh darah akan pecah dan menyebarkan kolesterol serta zat-zat lain pada aliran darah. Penggumpalan darah akan terbentuk di tempat pecahnya plak tersebut.

2. Coronary Artery Spasm (CAS)

Meski masih tergolong jarang terjadi dibanding penyakit jantung koroner, coronary artery spasm (CAS)adalah salah satu kondisi yang juga bisa menjadi penyebab serangan jantung. Kondisi ini menyebabkan terjadi penyempitan pembuluh darah arteri yang sifatnya sementara.

Namun, meski hanya sementara, coronary artery spasm juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada aliran darah menuju jantung. Jika tidak segera diatasi, spasm atau penyempitan yang terjadi dapat menyebabkan nyeri pada dada hingga serangan jantung.

3. Penggunaan obat-obatan terlarang

Penyebab lain dari serangan jantung adalah penggunaan obat-obatan terlarang Obat jenis ini termasuk stimulan yaitu kelas obat-obatan yang dapat mengaktivasi sistem saraf pusat sehingga meningkatkan energi dan rasa senang yang berlebihan. Ya, penggunaan stimulan secara berlebihan memang dapat menjadi penyebab terjadinya serangan jantung.

Salah satu penggunaan stimulan, yaitu kokain yang dapat berdampak terhadap tekanan darah dan pembuluh arteri. Biasanya, kokain dalam bentuk bubuk dihirup melalui hidung dan diserap ke dalam tubuh, atau dilarutkan dalam air dan disuntikkan ke dalam tubuh melalui aliran darah.

4. Hipoksemia

Penyebab berikutnya dari serangan jantung berikutnya adalah hipoksemia. Namun, penyebab serangan jantung yang satu ini mungkin tergolong lebih jarang terjadi dibanding penyakit jantung koroner.

Hipoksemia adalah suatu kondisi yang terjadi karena rendahnya kadar oksigen yang terdapat di dalam darah. Biasanya, hipoksemia disebabkan oleh keracunan karbon monoksida atau paru-paru tidak bisa berfungsi secara normal.

Hipoksemia bisa menyebabkan hipoksia, yaitu kondisi saat jaringan di dalam tubuh tidak menerima cukup oksigen. Selain itu, hipoksemia juga bisa menyebabkan kerusakan pada otot jantung, sehingga bisa menjadi penyebab serangan jantung.